PERSIAPAN MOTOR:
Motor menjadi alat yang sangat vital dalam kegiatan
offroad. Kelayakan motor akan membuat kita menjadi bersenang-senang menikmati
olahraga di alam bebas atau sebaliknya kita justru menjadi sengsara di rimba
belantara. Pastikan motor anda memang layak untuk dipakai melakukan kegiatan
offroad, karena ini bukan hanya sekedar menyangkut soal kenyamanan tapi juga
keamanan anda. Perhatian utama adalah pada sektor suspensi dan kemampuan mesin.
Jika motor anda sudah layak untuk offroad, simak tips-tips berikut ini sebelum
kita berangkat offroad;
a. Cek tekanan angin ban. Jika kondisi hujan, maka tekanan
angin dikurangi, ukurannya tergantung ukuran ban dan motor anda, termasuk berat
tubuh pengendaranya.
b. Cek oli mesin, kalau pada level yang dibawah standar
maka perlu ditambah. Pakailah oli yang berkualitas, jangan oli asal-asalan.
c. Pastikan air radiator telah terisi sesuai dengan
takaranya. Kekurangan air radiator akan membuat motor over heat.
d. Cek kekencangan mur dan baut, juga rantai. Lumasi rantai
dengan minyak pelumas khusus rantai.
e. Jika anda akan offroad sampai sore atau malam hari,
pastikan lampu motor anda menyala. Jika motor tidak ada lampunya, misalnya tipe
MX/cross, maka bisa dibekali dengan lampu senter khusus yang bisa ditempel di
motor. Salah satu produk terbaru yang bisa dipakai adalah lampu keluaran Eiger.
f. Bersihkan saringan udara. Melepas saringan udara pada
motor yang dipakai untuk offroad, sangatlah tidak direkomendasikan, karena ini
akan memudahkan mesin/kaburator motor akan kemasukan debu atau partikel tanah,
dan ini bisa membuat motor anda mogok di tengah hutan!
g. Isi bensin motor anda dengan penuh.
PERLENGKAPAN KEAMANAN PENGENDARA (SAFETY GEAR):
a. Pakailah helm tipe cross karena moncongnya akan
melindungi mulut dan gigi anda dari resiko rompal jika terjatuh. Dengan helm
tipe ini kita juga masih bisa bernafas dengan lega, beda dengan tipe helm full
face untuk jalanan yang ada kacanya, karena tipe ini akan membuat kita sesak
nafas di medan offroad.
b. Goggle atau kacamata, untuk melindungi dari debu dan
lontaran lumpur atau kerikil. Goggle juga akan melindungi mata anda dari resiko
tertusuk ranting-ranting pohon.
c. Sarung tangan, direkomendasikan yang full alias menutupi
sampai ujung jari. Jangan memakai sarung tangan dari kulit karena ini membuat
pori-pori tangan kita tidak leluasa bernafas dan juga jika hujan maka sarung
tangan kulit akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi kering.
d. Sepatu khusus offroad atau boleh juga yang biasa dipakai
untuk cross/grasstrack. Tidak direkomendasikan memakai sepatu yang pendek,
karena ini masih rawan terkena benturan batu atau akar pohon yang tidak kita
duga melintang di jalur offroad. Sepatu karet yang biasa dipakai oleh petani ke
sawah atau ladang, juga tidak direkomendasikan untuk offroad. Itu sepatu
berbeda peruntukan, selain tingkat keamanannya dalam melindungi kaki sangat
rendah, sepatu karet juga membuat kaki kita lembab, ini menajdi rawan jamur dan
bau menyengat!
e. Body protector, ini untuk melindungi dada dari lontaran
kerikil atau tusukan ranting pohon atau meminimalkan dampak ketika kita jatuh.
Sebagian orang merasa risih atau malu memakai body protector, hemmm pemikiran
ini harus dibuang jauh-jauh. Kenapa harus risih dan malu memakai piranti yang
justru akan lebih melindungi tubuh anda?
f. Pelindung lutut, ini akan melindungi lutut anda ketika
anda jatuh. Pengalaman kami, bagian tubuh yang paling rawan akan resiko cidera
pada waktu offroad adalah kaki termasuk lutut. Pribahasa mengatakan,
sepandai-pandainya tupai meloncat, akan jatuh juta. Sejago-jagonya anda membawa
motor, suatu ketika anda akan jatuh juga!
g. Belt atau stagen untuk mencegah goncangan perut yang
berlebih. Ingat perut adalah berisi organ-organ vital yang rawan bermasalah
jika terkena goncangan atau benturan keras.
PERLENGKAPAN/PERALATAN TAMBAHAN:
a. Kunci-kunci yang mungkin diperlukan jika ada trouble
ringan di motor anda, misalnya kunci busi, obeng, tang,dan kunci ukuran 8,10
dan 12.
b. Pompa kecil yang biasa dipakai oleh sepeda angin. Di
toko sepeda ada banyak jual pompa ukuran kecil, hanya sepanjang 12 cm, tapi
sudah cukup untuk memompa ban motor anda jika kekurangan angin.
c. Kantong plastik untuk menyimpan sampah plastik bekas
pembungkus makanan anda. Plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai
secara alami, jangan sampai aktivitas kita di alam justru memberikan kontribusi
terhadap kerusakan alam. Jangan penah meninggalkan sampah plastic dan putung
rokok anda di hutan/alam, bawa kembali sampah anda!
d. Bawa minuman dan bekal makanan secukupnya. Makanan lebih
baik disiapkan dalam kotak makanan (lunch box), sehingga akan meminimalkan
bungkus makanan yang terbuang percuma. Kotak makanan juga bisa dipakai
berulang-ulang, jadi lebih hemat bukan?
e. HP untuk komunikasi pada situasi darurat
f. Jika akan offroad malam hari, jangan lupa untuk bawa
senter
g. Bawa dompet yang berisi uang dan kartu identitas anda.
CARA PACKING PERLENGKAPAN ANDA:
a. Jika motor anda ada rack di belakang, ini adalah tempat
yang tebaik untuk menyimpan perlengkapan anda sehingga akan mengurangi beban
yang anda pikul. Motor trail seperti TS 125 sudah dilengkapi dengan rack, tapi
untuk motor lain seperti KLX 150 atau KLX 250 juga sudah banyak yang menjual
rack-nya.
b. Bawa tas punggung, pilih yang ada tali pengikat di
bagian pinggang karena ini akan membuat tas akan menyatu dengan tubuh anda.
Letakan barang yang berat di bagian paling bawah. Banyak juga orang suka model
tas punggung yang sudah dilengkapi dengan kanyung air (camel bag), jadi kalau
minum tinggal sedot saja.
c. Jika hanya offroad pendek dan anda malas membawa tas
punggung yang berat, anda bisa mambawa tas pingang. Tas pinggang ini bisa diisi
botol air minum ukuran kecil, dompet dan HP anda. Offroader di Eropa dan
Amerika banyak yang memakai tas pinggang, termasuk di event-event kejuaraan
enduro. Kelebihan tas pinggang ini adalah anda akan lebih leluasa membawa motor
karena tidak ada beban di pundak.
yang terakhir adalah tetap ingat, hormati dan hargai
ladang-ladang milik penduduk,jangan buang puntung rokok sembarangan,jangan
ambil apapun kecuali gambar,jangan tingalkan apapun kecuali jejak dan jangan
bunuh apapun keculi waktu, dan ketika melewati perkampungan,ingat jangan gas
pol banyak anak anak bro..
Salam Satu Jalur
Semoga tip-tips ini bisa bermanfaat, khususnya bagi
offroader pemula. Selamat melakukan offroad yang nyaman dan aman!
Ini hanya hoby,pemanis dan
pelengkap perjalanan hidup,sayang jika terlewatkan begitu saja
Selamat menikmati
petualangan dengan tunggangan anda di alam bebas..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar